Cara Siapkan Lezat Tengkleng Daging Kambing

,
Cara Siapkan Lezat Tengkleng Daging Kambing


Tengkleng Daging Kambing. Resep Tengkleng Kambing dan Bumbu Serta Tips Mudah Cara Membuatnya. Kalau gule kambing sebagian besar menggunakan daging dengan tambahan santan kental. Resep Tengkleng Kambing - Jika berbicara tentang idhul Adha pasti identik dengan daging qurban.


Tengkleng Daging Kambing Menu makanan dengan olahan daging kambing. Tengkleng kambing memang terkenal asli enak kuliner khas solo pasar klewer Surakarta, kemudian meluas juga sampai ke Jogja (yogyakarta), selain daging kambing, domba bisa juga menggunakan. Kalau kamu penggemar daging kambing, pasti sudah kenal dengan kuliner tengkleng.

Kamu dapat memasak Tengkleng Daging Kambing dengan 19 bahan and 8 langkah mudah. Yuks simak penjelasan berikut ini :


Bahan yang perlu disiapkan untuk Tengkleng Daging Kambing

  1. 1 kg of daging kambing.
  2. 1/2 of kol/kubis.
  3. 1/2 of bawang bombay.
  4. 15 of bawang merah.
  5. 8 of bawang putih.
  6. 15 of cabai merah besar.
  7. 15 of cabai rawit merah.
  8. 1 sdt of merica bubuk.
  9. 1 bungkus of bumbu instan gulai (me : indofood).
  10. 1 tangkai of serai.
  11. 3 lembar of daun salam.
  12. 1 ruas of jahe geprek.
  13. 1 keping of gula merah.
  14. 3 sdm of kecap manis (me : abc).
  15. 4 lembar of daun jeruk.
  16. 1 liter of air.
  17. of Minyak secukupnya untuk menumis.
  18. secukupnya of Garam.
  19. 1 bungkus of royco sapi.

Tak hanya tengkleng, kamu juga bisa mencicipi sate kambing, tongseng, gulai, dan lainnya. Tengkleng adalah sejenis masakan sup khas Solo yang berbahan dasar daging, jeroan, dan tulang kambing yang hampir mirip dengan masakan gulai kambing, hanya saja dengan kuah yang lebih. Berbeda dengan gule kambing, tengkleng khas Solo ini menggunakan tulang belulang kambing (sedikit daging). Terdapat dua versi resep tengkleng, dengan santan dan tanpa santan.


Langkah langkah memasak Tengkleng Daging Kambing

  1. Cuci daging sampai bersih lalu rendam dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit. Lalu potong sesuai selera. Sisihkan.
  2. Iris" cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih. Lalu cuci semua bumbu hingga bersih..
  3. Potong"kubis/kol lalu cuci hingga bersih. Sisihkan.
  4. Siapkan wajan yg sudah di beri minyak goreng lalu tumis semua bumbu hingga matang/layu. Matikan kompor.
  5. Siapkan panci presto yang sudah diberi daging kambing, masukkan tumisan bumbu td beserta daun salam, daun jeruk, serai, gula merah dan kecap serta air. Presto sampai empuk (selama 20menit).
  6. Setelah itu tunggu hingga dingin lalu buka panci presto. Siapkan wajan pindahkan tengleng ke dalam wajan. Masukkan garam dan royco. Setelah itu tutup wajan tunggu sampai air asat..
  7. Masukkan kol/kubis. Masak sebentar. Matikan kompor..
  8. Sajikan selagi hangat dengan nasi.


Lain lagi kisah manis legenda kuliner asal Solo, yaitu Warung Tengkleng Bu Edi. Usaha ini sudah diwariskan turun-temurun dari mendiang nenek Bu Edi. Biasanya memakai daging kambing bertulang, seperti iga. Selain tengkleng kambing yang disajikan, Mas Mul juga menyajikan menu tongseng daging kambing. Kuliner tengkleng adalah salah satu makanan olahan daging kambing yang dimasak dengan Menurut filosofi, tengkleng adalah makanan rakyat miskin yang tidak mampu makan daging karena.


No comments:

Post a Comment