Resep: Sempurna Gulai kambing kacang hijau

, , , ,
Resep: Sempurna Gulai kambing kacang hijau


Gulai kambing kacang hijau. Bagi para pecinta kuliner Indonesia, mungkin menu ini bisa jadi inspirasi bagi kamu di hari raya Idul Adha. Gulai Kambing Kacang Hijau, hidangan lezat asal. Gulai Kambing Kacang Hijau ini perpaduan antara gulai kambing dengan kacang hijau yang disajikan di piring.


Gulai kambing kacang hijau Khasiat.co.id - Gulai kambing kacang hijau merupakan makanan khas Jawa Timur. Makanan gulai kambing, tentu sudah sering anda jumpai. Namun, bagaimana jika gulai kambing dikombinasi dengan kacang hijau?

Kamu dapat memasak Gulai kambing kacang hijau dengan 21 bahan and 3 langkah mudah. Yuks simak penjelasan berikut ini :


Bahan yang perlu disiapkan untuk Gulai kambing kacang hijau

  1. 1 kilo of daging kambing.
  2. 4 sdm of minyak goreng utk menumis.
  3. 5 butir of cengkeh.
  4. 3 cm of kayu manis.
  5. 3 batang of sereh geprek.
  6. 6 lembar of daun jeruk.
  7. 1,5 liter of santan.
  8. secukupnya of Garam.
  9. secukupnya of Gula.
  10. secukupnya of Penyedap rasa.
  11. secukupnya of Air.
  12. of Kacang hijau secukupnya (bila tidak suka tidak di pakai).
  13. of Bumbu halus.
  14. 8 siung of bawang merah.
  15. 6 siung of bawang putih.
  16. 3 sdt of ketumbar.
  17. 6 butir of kemiri.
  18. 1,5 sdt of jinten.
  19. secukupnya of Pala.
  20. 1 ruas jari of kunyit.
  21. 1 ruas jari of jahe.

Tidak hanya dikenal dengan kesucian dan makna pengorbanannya, hari Raya Kurban juga mempunyai makna yang spesial dikarenakan pada hari itu semua kalangan masyrakat mulai dari bawah sampai atas bersuka cita karena banyaknya daging. Gulai kambing kacang hijau menjadi salah satu kuliner yang patut kamu coba jika mengunjungi Pekalongan. Nggak seperti gulai pada umumnya, gulai ini bercampur dengan empuknya bubur kacang hijau, lo. Inibaru.id - Gulai kambing biasanya disantap menggunakan kuah kuning saja.


Langkah langkah memasak Gulai kambing kacang hijau

  1. Cuci bersih daging kambing, kemudian didihkan air setelah itu masukkan daging kambing tunggu sampai 5 menit setelah 5 menit matikan api diamkan selama 30 menit setelah itu buang air didihan pertama ganti dengan yang baru didihkan lagi air dan masukkan daging selama 7 menit (untuk daging lemih empuk) dan tiriskan.
  2. Didihkan air untuk memasak kacang hijau tunggu sampai pecang kemudian tiriskan, Haluskan bumbu kemudian tumis, masukkan daun jeruk, cengkeh, sereh, dan kayu manis tunggu hingga harum.
  3. Masukkan daging kambing kemudian tambahkan air secukupnya tunggu sampai mendidih kemudian masukkan kacang hijau, garam, gula, penyedap rasa dan santan, tunggu hingga mendidih dan masukkan bawang merah goreng dan cabai(bila suka pedas) dan gulai kacang hijau siap di hidangkan.


Gimana rasanya kalau gulai ikan kakap dipadukan dengan kacang hijau? Yang pasti kamu nggak bakal kecewa sama rasanya. Yuk langsung aja simak video selengkapnya dan coba bikin sendiri di rumah. ⠀⠀⠀⠀ #PastiJadi #BahanAsliIndonesia. Namun sebenarnya di Gulai Kambing Kacang Hijau Pekalongan ini terdapat isian yang tidak umum seperti kacang hijau tersebut dan juga bumbu unik lainnya. Sesaat sebelum diangkat masukkan kacang hijau, air asam, dan koya, didihkan sebentar.


No comments:

Post a Comment