Cara Buat Lezat Tengkleng kambing

, , ,
Cara Buat Lezat Tengkleng kambing


Tengkleng kambing. Resep Tengkleng Kambing dan Bumbu Serta Tips Mudah Cara Membuatnya. Ya, saya sendiri juga mengenal dan mencicipi pertama kali tengkleng kambing solo saat lulus SMA dan kos di Solo. Resep Tengkleng Kambing - Jika berbicara tentang idhul Adha pasti identik dengan daging qurban.


Tengkleng kambing Memasak gule tengkleng bisa pakai santan dan juga bisa tanpa santan juga, tidak aneh kalau ada resep tengkleng kambing tanpa. Kalau kamu lagi main ke Solo, jangan sampai. Berbeda dengan gule kambing, tengkleng khas Solo ini menggunakan tulang belulang kambing (sedikit daging).

Kamu dapat memasak Tengkleng kambing dengan 18 bahan and 6 langkah mudah. Yuks simak penjelasan berikut ini :


Bahan yang perlu disiapkan untuk Tengkleng kambing

  1. 100 gr of iga kambing.
  2. 300 gr of daging kambing.
  3. of Air -/+ 1 1/2 liter (1 setengah liter).
  4. 65 ml of santan kara.
  5. 2 batang of sereh.
  6. 4 lembar of daun salam.
  7. 5 lembar of daun jeruk.
  8. of ~bumbu halus:.
  9. 1 sdt of pala.
  10. 1 sdt of merica.
  11. 7 siung of bawang merah.
  12. 3 cm of kunyit (boleh pake kunyit bubuk).
  13. of ----------------------------------------.
  14. 1/4 sdt of kapulaga/ secukupnya (boleh skip).
  15. 1/4 sdt of cengkeh/ secukupnya (boleh skip).
  16. 3 butir of bunga lawang/peka(boleh skip).
  17. secukupnya of Garam, gula, dan penyedap rasa.
  18. of Kalau suka pedas Boleh tsmbahin Cabe merah/ cabe rawit.

Terdapat dua versi resep tengkleng, dengan santan dan tanpa santan. Have you eaten Tengkleng at Tengkleng Kambing Bu Pon recently? Tengkleng is also served at these restaurants. Nikmati Tengkleng Kambing dengan sepiring nasi putih.


Langkah langkah memasak Tengkleng kambing

  1. Rebus daging dan iga sampai setengah matang, matikan api,lalu buang air rebusannya. Dan ganti dengan air yang baru..
  2. Rebus kembali daging dan iga dengan air yang baru, lalu tambahkan daun jeruk, daun salam dan sereh kedalam rebusan daging.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, lalu masukan kedalam rebusan daging, tambahkan santan, masukan juga kapulaga, bunga lawang/peka, dan cengkeh.
  4. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Rebus daging dan iga hingga air menyusut, -/+ dari yang tadinya 1 1/2 liter jadi 800 ml.perebusan -/+ selama 1jam..
  5. Koreksi rasa, jika bumbu sudah pas,air rebusan sudah menyusut, tengkleng kambing siap disajikan 😊.
  6. Note : untuk kapulaga, bunga lawang, dan cengkeh itu sebetulnya boleh skip, tapi menurut saya, justru rempah itu yang menutup bau prengusnya 😊. Sesuai selera sih mom, ga pake rempah itupun udah enak ko..


Tengkleng adalah sajian khas dari Solo. Hidangan yang biasanya terbuat dari kaki dan tulang kambing ini memiliki rasa gurih dan sedikit pedas. Tengkleng adalah sejenis masakan sup khas Solo yang berbahan dasar daging, jeroan, dan tulang kambing yang hampir mirip dengan masakan gulai kambing, hanya saja dengan kuah yang lebih. Tengkleng memang menjadi salah satu varian masakan dari bahan dasar daging kambing yang cukup ngehits di Solo, selain sate dan gule Bisa dikatakan banyak penjual tengkleng di seputaran Solo. Lain lagi kisah manis legenda kuliner asal Solo, yaitu Warung Tengkleng Bu Edi.


No comments:

Post a Comment