Resep: Sempurna Tongseng Kambing Solo

, ,
Resep: Sempurna Tongseng Kambing Solo


Tongseng Kambing Solo.


Tongseng Kambing Solo

Kamu dapat memasak Tongseng Kambing Solo dengan 20 bahan and 3 langkah mudah. Yuks simak penjelasan berikut ini :


Bahan yang perlu disiapkan untuk Tongseng Kambing Solo

  1. 250 gr of daging kambing, potong 2x2cm (saya 1kg daging&tulang).
  2. 2 sdm of minyak goreng4 lrmbar daun jeruk.
  3. 2 butir of kapulaga (saya 1 butir kapulaga).
  4. 2 batang of serai.
  5. 2 lembar of daun salam.
  6. 400 ml of santan dari 100 gr kelapa (1bks santan kara).
  7. 2 sdm of kecap manis (saya kecap secukupnya).
  8. 3 lembar of kol, iris (saya 1/4kg lebih kol).
  9. 1 buah of tomat, potong-potong.
  10. secukupnya of Garam dan merica.
  11. secukupnya of Air.
  12. of Bumbu:.
  13. 5 siung of bawang merah (saya 6 siung).
  14. 4 cm of kunyit, bakar.
  15. 3 siung of bawang putih.
  16. 3 cm of jahe.
  17. 3 buah of cabe merah (saya tidak dihaluskan tapi diiris saja).
  18. 2 butir of kemiri, sangrai.
  19. of Pelengkap:.
  20. of Bawang goreng, acar, sambal rawit, emping dan jeruk limau.


Langkah langkah memasak Tongseng Kambing Solo

  1. Rebus daging dengan 5 lembar daun salam dan jahe. Rebus hingga empuk. Buang airnya dan tiriskan. Potong-potong. Saya rebus dulu supaya bau kambingnya tidak terlalu menyengat dan empuk..
  2. Haluskan bumbu dengan blender/ulekan. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan serai hingga harum..
  3. Masukkan daging. Aduk rata dan beri air sesuai selera. Masak hingga mendidih. Masukkan santan, tomat, kol, garam, gula pasir, merica, cabe iris dan kecap. Masak kembali hingga mendidih. Tes rasa. Angkat dan sajikan selagi hangat..



No comments:

Post a Comment